Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Negeri Tanjung Pandan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Tanjung Pandan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, subjek dalam penelitaian ialah seluruh guru MTs Negeri Tanjung Pandan yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik kuesioner dan dianalisis dengan memberikan pembobotan nilai dengan skala likert menggunakan bantuan Microsoft office, rumus-rumus statistik dengan metode uji validitas, uji realibilitas, korelasi product moment, koefesien determinasi, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah MTs Negeri Tanjung Pandan sudah baik. Hal ini dilihat menggunakan regresi linier sederhana dengan nilai Y= 24,82 dan X = 0,40. Korelasi product moment didapat nilai rxy = 0,466, dan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,691 > 2,010 yang artinya jika thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak ; H1 diterima (signifikan). Hasil Koefesien determinasi yang diperoleh sebesar 18,74% hal ini menunjukan bahwa besarnya kontribusi Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru adalah sebesar 18,74% sedangkan sisanya 81,26% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Article Details
References
Amaliyah, khakiki.,& Suwanda, imade. (2018). Pendapat Guru Tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal kajian moral dan kewarganegaran, Vol. 6, No.03, Hlm 307-319.
Arifin, Bachtiar H. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Adzkia Islamic School. Jurnal Ilmiah: Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol 2, No. 3, Hlm. 334-342.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineke Cipta.
Aziz, Abdul H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Sekolah. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. Vol 2, No. 1, Hlm. 24-37.
Danim, Sudarwan dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan
Darmawan, Hanief, Nur dan Bela Dina. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di MAN Rejoso Darul Ulum Jombang. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, No. 07, Hlm. 41-45.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB, Jakarta : BP. Cipta Karya
Elok, Dwi K. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Vol. 4, Nmr. 01, Hlm 19-28.
Fatoni, Malik. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Mts Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Jurnal STIE. Vol. 3 , No. 02, Hlm 168-182.
Hadari Nawawi. 1985. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. Danim, Sudarwan dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta. Rineka Cipta
Hanifa, Tiara A. (2019). Efektifitas Dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Efektifitas Dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan.
Hasim M, Amiruddin, dan Nuridayanti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Jurnal Media Elektrik. Vol. 17, No. 2, Hlm. 65-72.
Jajat, Agustine, Kurniati dan Dede Karsa. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5, No. 01, Hlm. 508-520.
Juliantoro, Mohamad. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal al–Hikmah. Vol. 5, No. 05, Hlm. 24-38.
Kartono, Kartini. 1992. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Khoiruman, Azam. (2018). “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Pacitan”. Skripsi. Ponorogo: IAIN
Manora, Hecksa. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal STAI, Vol. 1, No. 01, Hlm. 120-125.
Mufnlihah, A dan Khofya A. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal IAIN Kudus. Vol. 7, No. 02, Hlm. 48-63.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rachmawati, Rachmawati. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. Vol. 1, No. 1, Hlm. 19-28.
Rahmah, Roisatul, Nurjanah dan Sri Wahyuni. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Edupsycouns Journal. Vol. 2, No.01, Hlm 327-326.
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Press.