Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Anak Kelompok B di Tk ABA Kwarasan Nglipar

Main Article Content

Sumiyatni -

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar anak  yang dilakukan oleh peneliti di TK ABA Kwarasan Nglipar. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah murid TK ABA Kwarasan kelompok B. Responden pada penelitian ini sebanyak 19 responden dan dilakukan mulai bulan Juni sampai dengan Agustus tahun 2021. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket tentang penggunaan audio visual  pada Lembaga TK. Dari hasil temuan penelitian bahwa media pembelajaran audio visual dapat mempengaruhi minat belajar anak. Faktor pendukung dari penggunaan media pembelajaran audiovisual jenis video yaitu penggunaan dan pembuatannya sangat mudah dan efisien sehingga dapat memanfaatkan platform streaming youtube. Sedangkan faktor penghambat dari penggunaan media pembelajaran audiovisual jenis video ini pembuatan materinya membutuhkan waktu yang lama sehingga menyita waktu. Selain itu faktor penghambat adalah dari peserta didik yang masih kesulitan memahami materi dalam media pembelajaran audiovisual. Teknik Analisa data yang digunakan dalam penilitian ini menggunakan model sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.

Article Details

Section
Artikel

References

Abdullah, K., Saputra, H. J., & Listyarini, I. (2021). Analisis Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Minat Belajar Kecamatan Ringinarum Kabupaten. Dwijaloka, II(1).

Ana Widyastuti. (2017). Peningkatan Literasi Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis, Dan Berhitung Untuk Guru Tk Di Kecamatan Cinere Dan Limo Depok. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 100–108. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i2.2291

Direktorat PAUD. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kemdikbud RI.

Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.190

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. cv Alfabeta.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660