Implementasi Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen

Main Article Content

Walsiyam Walsiyam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan Karakter Pelajar Pancasila melalui pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim, mendeskripsikan factor pendukung, penghambat dan solusi pelaksanaan implementasi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpul data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan berdasarkan pengumpulan data peneliti mengadakan reduksi data dan sajian data . Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian: 1) Implementasi pendidikan karakter Pelajar Pancasila melalui pembelajaran Berbasis STEAM  di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen telah dilaksanakan dengan baik melalui tahap perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama yang menjadi elemen kunci karakter Pelajar Pancasila ke dalam silabus dan RPP, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menyisipkan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, evaluasi pembelajaran dilakukan dengan observasi dan menuliskan hasil observasi ke dalam buku jurnal penilaian sikap. 2) Faktor pendukung implementasi adalah sarana prasana pendukung, budaya sekolah dan kepemimpinan, faktor penghambat: pengetahuan guru tentan STEAM dan dukungan orang tua masih perlu peningkatan, solusi: adanya pelatihan STEAM bagi guru dan meningkatkan kerja sama dengan orang tua.

Article Details

Section
Artikel

References

Bunyamin, M. A. H. (2016). Pendidikan STEM bersepadu: Perspektif global, perkembangan semasa di Malaysia, dan langkah kehadapan. Research Gate, 1.

Cunningham, C.M. (2018). Engineering in elementary STEM education (Curriculum design, intruction, learning, and assesment). New York: Teacher College Press.

Direktorat Pendidikan Sekolah Dasar. (2020) Profil pelajar pancasila.Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.

Hendraman. (2017). Pendidikan Karakter Era Milenial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2020). Pendidikan karakter wujudkan pelajar pancasila. Https://M.Antaranews.Com/Berita/1824776/Mendikbud-Pendidikan-Karakter- Wujudkan-Pelajar-Pancasila.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. JRKPF UAD, 5(1), 53–62.

Lidinillah, D., Mulyana, E., Karlimah, K., & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration. Journal of Physics, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012053

Permendikbud No.20 Tahun 2018. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Tidak Dipubliaksikan

Rokhman, Fathur, Ahmad Syaifudin, dan Yuliati. 2017. ‘Character building for golden generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years)’. Dalam Procedia- Social and Behavioral Sciences Vol. 141

Hal. 1161-1165.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II, 191–199.

Utomo, Eko Prasetyo. 2016. ‘Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro’. Dalam Jurnal Metafora, Volume 2, Nomor 2, April 2016. Hal. 91104.

Zakkiyah, Made Yudana, Nengah Bawa Atmadja. 2015. ‘Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS untuk pengamalan nilai moral siswa’.