Manajemen E-Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Nglindur Girisubo Gunungkidul

Main Article Content

Untung

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen e-learning, ragam inovasi, faktor pendukung dan penghambat, dan solusi manajemen e-learning dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Nglindur Girisubo Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri Nglindur Girisubo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan meningkatkan ketekunan dan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen e-learning dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Nglindur Girisubo Gunungkidul terdiri dari: perencanaan e-learning, pengorganisasian e-learning, pelaksanaan e-learning yaitu dengan menggunakan google classroom,  pengawasan/pengendalian e-learning yaitu dengan melakukan supervisi dan monitoring. Ragam inovasi dalam pelaksanaan e-learning yaitu dengan menggunakan grup Whatsup, google meet, google form . Faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen e-learning yaitu kebijakan Dinas Pendidikan tentang BDR , bantuan kuota internet dari dari kemdikbud,  dan faktor penghambat yaitu siswa tidak memiliki HP. Solusi dengan memberikan anak kesempatan bergabung dengan teman terdekat.


Kata kunci: E-learning, Manajemen, inovasi

Article Details

Section
Artikel

References

Anderson, Jonathan. (2005). IT, e-learning, and teacher development. International Education Journal, vol. 5 (5), p. 1-14

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktuan Dan Strategis, 13–18. http://puslit.dpr.go.id

Divayana, D. G. H., (2017). Evaluasi Pemanfaatan E-Learning menggunakan Model CSE-UCLA. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Juni 2017, Th. XXXVI, No. 2

Goyal, S. (2012). E-learning: Future of Education. Journal of Education and Learning, 239-242.

Hani, Abdul. (2020). Strategi Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agriwidya volume 1 No. 3

Jamaluddin D., Ratnasari. T., Gunawan, H., et.al. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi.

Mutia, Intan, & Leonard. (2013). “Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. Jurnal Faktor Exacta Volume 6, No. 4, (2013), hal. 278-289.

Muttaqin, T. (2018). Determinants of Unequal Access to and Quality of Education in Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning. 2(1). 1-20.

Purnomo, H,. Mansir, F,. Tumin,. et.al. (2020). Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna Vol. 11 No. 1 (2020) pp. 91-100

Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sudrajat, C.J., Agustin, M., &,Kurniati, Leli, dkk. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 11 Juli 2020

Surat Edaran Mendikbud No. 4 (2020). Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, 1 (2020). www.kemendikbud.go.id

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15 314

Yuliana. (2020). “Corona Virus Deseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur, Wellness and Healthy Magazine, Volume 2, Nomor 1, February 2020, h. 188.

Yuniarti, R., & Rozmita, D. (2010). “Potensi E-Learning melalui Sistem Kuliah Online dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Prodi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI” Manajerial Volume 8 No. 16, (2010), hal.66-77.