Implementasi Tindak Lanjut Hasil Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar
Main Article Content
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan tindak lanjut hasil supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar . Penelitian dilakukan di SMPN 1 Panggang yang berada di kapanewon Panggang kabupaten Gunungkidul . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SMPN 1 Panggang Gunungkidul yang diambil dengan metode proposional sampling. Untuk mendapatkan data yang kami inginkan dengan melakukan wawancara ke beberapa guru SMPN 1 Panggang.Metode penelitian dengan kualitatif desktiptif . Penelitian dilakukan sejak bulan Juli hingga Agustus 2021.
Dalam penelitian ini kami mencoba membahas implementasi tindak lanjut dari hasil supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah. Harapan kami implementasi tindak lanjut dari hasil supervisi kepala sekolah mampu meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Implementasi tindak lanjut hasil Supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar.
Article Details
References
Munandar Utami S.C., (1999: 88-93) , https://silabus.org/kreativitas-mengajar-guru/amp/,
Mukhtar dan Iskandar (2009), Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.Jakarta: Gaung Persada),
Maududy Al , 2015, dalam, http://www.al-maududy.com/2015/05/konsep-tindak-lanjut-hasil-supervisi.html,
E. Mulyasa, 2004, ,(Menjadi Kepala Selolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), hlm. 100-115.
Tim Dosen Administrasi UPI , 2019, dari https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-kristiawan/ publication/ SUPERVISI_PENDIDIKAN/links /5ca1cd9992851 cf0aea57745/pdf