Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Artikel dengan judul “Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia” ini mempunyai latar belakang bahwa secara umum pendidikan di Indonesia masih menitikberatkan pada kecerdasan kognisi, pengaruh budaya asing dan perkembangan teknologi internet yang secara dapat umum memicu pada melunturnya nilai-nilai karakter luhur masyarakat Indonesia dan secara spesifik bagi peserta didik dalam dunia pendidikan. Pendidik juga tidak mempunyai kesempatan untuk transfer nilai (transfer of value) karena pembelajaran dilakukan secara daring.
Secara spesifik pendidikan karakter merupakan usaha sadar dan terencana dalam internalisasi nilai-nilai karakter sehingga karakter tersebut dapat dimengerti, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik. Pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk pribadi yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, berjiwa patriotik bertoleran, bergotong royong, dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dijiwai oleh iman dan takwa yang berdasarkan Pancasila.
Penelitian Penguatan pendidikan karakter ini menggunakan metode diskriptif kualitatif karena menjadi sebuah keharusan karena pendidikan karakter menghubungkan dimensi moral dengan ranah sosial seseorang sebagai pondasi bagi terbentuknya generasi yang berkualitas dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan secara universal. Adapun pilar pendidikan karakter itu meliputi pendidikan dalam keluarga, masyarakat dan sekolah. Apabila ketiga lembaga ini berjalan dengan baik maka penguatan pendidikan katrakter di Indonesia secara umum dapat terealisasi secara komprehensif dan berkesinambungan.
Article Details
References
Abdul Madjid dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Adang Hambali. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rekatama Madia.
Ahmad D. Marimba. 2014. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif
Ahmad Tafsir. 2017. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darma Kesuma. 2011. Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darmiyati Zuchdi. 2009. Pendidikan Karakter, Grand Desain dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.
Darwyn Syah. 2017. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.
Doni Koesoema. 2017. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Firdaus. 2006. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, serta Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Hasan Langgulung. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Hendro Puspito. 2018. Sosiologi Agama. Yogyakarta:Kanisius.
Kemdiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter; Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Muchlas Samani dan Hariyanto. 2016. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim Purwanto. 2010. Ilmu Pendidikan; Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Raharjo. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mencipatakan Akhlak Mulia. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Suparta. 2006. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Suyanto. 2014. Urgensi Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tadzkirotun Musfiroh. 2018. Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Zuhairini. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.