Inovasi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

sholikhah indonesia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SD N Sawah III yang merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang beralamatkan di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai inovasi yang bisa dilakukan dalam proses pembelajaran daring yang menyenangkan namun tetap mencapai tujuan pembelajaran, khususnya dalam pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2021 dengan subjek penelitian seluruh guru di SDN Sawah III yang diambil melalui teknik sampling. Teknik kualitatif digunakan dalam penilitian ini. Dalam penelitian ini data berupa hasil studi literasi, hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman wawancara, pedoman observasi. Teknik pengumpulan data berupa studi literasi, melalui pengalaman, pengamatan, wawancara,  observasi,dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: inovasi pembelajaran berbasis pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru antara yaitu dengan menerapkan pembelajaran kontekstual yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang  dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa/mahasiswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.


Kata kunci : inovasi, pendidikan karakter, covid

Article Details

Section
Artikel

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Omeri, N. (2015) Pentingnya Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer

Pendidikan, 9(3) 464-468. https://media.neliti.com/media/publications/270930

pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-dun

f6628954.pdf

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Santika, W.E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values

and Character Education Journal, Universitas Dwijendra, Denpasar.

Dasim, Sarnawi M. (2012) .IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR: Studi Tentang Kompetensi Guru di

SDN Sukagalih, Kota Bandung. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia

Hidayat, Syarif. 2020. MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI

INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DALAM

MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Jurnal Inovasi Pendidikan.

SD Negeri 1 Pekutan

Fitri,H., Maulidasari, I., Rinzani, N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN

KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran (JPP). PPs Universitas PGRI. Palembang

Santoso, Suyahmo, Rachman, M,. Utomo, C.B,. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada

Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP). Universitas

Ngeri Semarang

Susilo,S.V,. 2018. REFLEKSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA

DALAM UPAYA UPAYA MENGEMBALIKAN JATI DIRI PENDIDIKAN

INDONESIA. Jurnal Cakrawala Pendas. Universitas Majalengka. Bandung

Adibatin, A,. 2016.PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS STRATEGI

PEMBELAJARAN PAKEM MELALUI PERMAINAN CINCIN DI JEMPOL

TANGAN. Tersedia (oline) di : https://ejournal.uksw.edu (pdf)