Inovasi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SD N Sawah III yang merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang beralamatkan di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai inovasi yang bisa dilakukan dalam proses pembelajaran daring yang menyenangkan namun tetap mencapai tujuan pembelajaran, khususnya dalam pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2021 dengan subjek penelitian seluruh guru di SDN Sawah III yang diambil melalui teknik sampling. Teknik kualitatif digunakan dalam penilitian ini. Dalam penelitian ini data berupa hasil studi literasi, hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman wawancara, pedoman observasi. Teknik pengumpulan data berupa studi literasi, melalui pengalaman, pengamatan, wawancara, observasi,dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: inovasi pembelajaran berbasis pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru antara yaitu dengan menerapkan pembelajaran kontekstual yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa/mahasiswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Kata kunci : inovasi, pendidikan karakter, covid
Article Details
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Omeri, N. (2015) Pentingnya Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer
Pendidikan, 9(3) 464-468. https://media.neliti.com/media/publications/270930
pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-dun
f6628954.pdf
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Santika, W.E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values
and Character Education Journal, Universitas Dwijendra, Denpasar.
Dasim, Sarnawi M. (2012) .IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM
PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR: Studi Tentang Kompetensi Guru di
SDN Sukagalih, Kota Bandung. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia
Hidayat, Syarif. 2020. MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI
INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DALAM
MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Jurnal Inovasi Pendidikan.
SD Negeri 1 Pekutan
Fitri,H., Maulidasari, I., Rinzani, N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN
KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan dan
Pengajaran (JPP). PPs Universitas PGRI. Palembang
Santoso, Suyahmo, Rachman, M,. Utomo, C.B,. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada
Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP). Universitas
Ngeri Semarang
Susilo,S.V,. 2018. REFLEKSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA
DALAM UPAYA UPAYA MENGEMBALIKAN JATI DIRI PENDIDIKAN
INDONESIA. Jurnal Cakrawala Pendas. Universitas Majalengka. Bandung
Adibatin, A,. 2016.PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS STRATEGI
PEMBELAJARAN PAKEM MELALUI PERMAINAN CINCIN DI JEMPOL
TANGAN. Tersedia (oline) di : https://ejournal.uksw.edu (pdf)