Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19 Pada SD Di Kapanewon Ngaglik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pengaruh metode pembelajaran online terhadap penguatan pendidikan karakter di masa pandemi covid-19 pada SD di Kapanewon Ngaglik.. Jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD di Kapanewon Ngaglik yang berjumlah 35 anak.. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhaana. Hasil penelitian ini, bahwa metode pembelajaran online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguatan pendidikan karakter siswa SD di Kapanewon Ngaglik..
Article Details
References
Anwar, A. (2013). Kontribusi keluarga terhadap pembentukan karakter anak (studi perspektif modal sosial di kota parepare). Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan. 9(1). 57- 65.
Irsan , Andi Lely Nurmaya., Rabiatul Adawiah, Fitra Hidayatullah, implikasi pembelajaran daring (online) terhadap perubahan karakter siswa selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 6. Nomor 1 Januari 2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Pilkington, O. A. (2018). Active learning for an online composition classroom : bloggingas an enhancement of online curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14.
Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42–48.
Sintema, E. J. (2020). Effect of covid- 19 on the performance of grade 12 students: implications for stem education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7),
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suni Astini, Ni Komang. 2020. “Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. doi: 10.37329/cetta.v3i2.452.
Wulandari, Y., Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan)
Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the Spring of Wuhan: Facts and Hope of COVID-19 Outbreak. Frontiers of Medicine, 14(2), 113–116.