PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PRODUK DI MASA PANDEMI COVID 19
Main Article Content
Abstract
Abstrak : Penelitian dilakukan di SMP N 4 Panggang Gunungkidul yang berada di kapanewon Panggang Gunungkidul untuk mengetahui pembelajaran IPA berbasis produk di masa pandemic dan kelebihan dan kelemahan peenilaian produk.
Metodologi penelitian deskripsi kualitatif yang dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2021 dengan mengambil subyek penelitian kelas VII yang berjumlah 38 orang.
Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa siswa lebih antusias dalam penilaian produk daripada penilaian tes tertulis. Selain itu dalam penilaian produk kelebihannya Guru dapat menilai kreatifitas anak untuk melihat siswa memiliki daya cipta dan mempunyai kompetensi, kompetensi masing-masing anak betul-betul dapat diketahui secara obyektif, siswa dapat mempraktekkan ilmu yang diperoleh secara langsung melalui pengalaman yang real, siswa dapat menelaah kembali kebenaran materi yang telah diperoleh. Dan kelemahannya memerlukann waktu yang cukup banyak, tidak semua KD dapat dibuat karya nyata terutama yang abstrak, biaya untuk membuat karya nyata kadang-kadang mahal, proses pembuatan perlu waktu yang lama, lemampuan fisik sebagai penunjang tidak sama subjektif penskorannya.
Article Details
References
Ampana Lea M. N 2012 Penilaian Produk, http://mnur91.blogspot.com › 2011/12 › penilaian-pro...
Borneo, H. P. 2012. Product Assessment. Jurnal Sains. 1(1). [Online] Tersedia: http://stifipadang.ac.id/documents/jurnal. [12 November 2014].
Ramlan Arie. ( 2011). Penilaian Produk. [Online]. Tersedia : masoviq.blogspot.co.id /2012/12/penilaian-produk.html?m=1 [diakses 03 maret 2016]
https://nurhibatullah.blogspot.com/2014/01/penilaian-produk-product-assessment.html
https://zenodo.org › record › files › PENILAIAN .
https://www.slideshare.net › pristiadiutomo › penilaian-.