Urgensi Urgensi Penguatan Pendidikan karakter di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Inovasi GERABAH SI BABE (Studi Kasus di SD negeri Sidorejo
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter di masa pandemic covid-19 saat ini sangat diperlukan, untuk membentengi peserta didik agar menjadi SDM yang unggul dan berprestasi. Sekolah perlu menyusun inovasi yang menarik sehingga peserta didik tidak jenuh mengikuti pembelajaran daring Orangtua juga dituntut untuk mendampingi putra-putrinya saat belajar di rumah. Atas dasar itulah sekolah perlu bekerjasama dengan orangtua murid dalam rangka penguatan pendidikan karakter. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan urgensi penguatan pendidikan karakter di masa pandemi covid-19 melalui inovasi GERABAH SI BABE di SD Negeri Sidorejo. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif. Hasil yang dicapai dari urgensi penguatan pendidikan karakter di masa pandemic covid-19 melalui Inovasi GERABAH SI BABE di SD Negeri Sidorejo adalah (a) menanamkan nilai pendidikan karakter peserta didik yang meliputi disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, peduli lingkungan dan tanggung jawab, (b) Menggerakkan siswa untuk mengolah limbah sampah menjadi barang berharga, (c) Meningkatkan kreatifitas siswa. (d) Mengurangi rasa jenuh saat pembelajaran selama pandemic covid-19.
Adapun dampak urgensi penguatan pendidikan karakter di masa pandemic covid-19 melalui Inovasi GERABAH SI BABE di SD Negeri Sidorejo adalah siswa menjadi pribadi yang berkarakter dan bermartabat serta menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa.
Article Details
References
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter
dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115.
Agung, L. (2018). Character Education Integration in Social Studies Learning. Historia:
Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 12(2), 392.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan
NilaiNilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.
Irawatie, A., Iswahyuni, I., & Setyawati, M. E. (2019). Education Learning Development
of Character Education-Based State Defense. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(8), 27–42.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 02(3), 16–21.
Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ma’arif, Muhammad Anas. 2018. “Analisis Startegi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Prefentif”. Journal Pendidikan Islam Volume 06 Nomor 01. Mojokerto: Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet.
Masrukhi, Maman Rachman, S. (2018). Pengembangan Kepribadian Guru BerwawasanNasionalisme Di Sma N Dempet Dan Smk N 2 Demak. Pengembangan Kepribadian Guru Berwawasan Nasionalisme Di Sma N Dempet Dan Smk N 2 Demak, 16(1), 95–104.
Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–20.
https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. ARRIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37.
Rachman, Maman dan Puji Lestari. 2017. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa Contoh Praktik Penguatan Karakter di Padepokan Karakter FIS UNNES.
Rifai, A., Dian, S., & Alimi, M. Y. (2017). Pembentukan Karakter Nasionalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. Journal of Educational Social Studies, 6(1), 7–19.
Setiawati, Nanda Ayu. (2017). “Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa”. Prosiding Seminar nasional Tahuna FIS Unversitas Negeri medan. Medan: Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Semarang: Fastindo Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290.