PERENCANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI ERA MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI I BANTUL MELALUI KOLABORASI SEKOLAH ORANGTUA DAN MASYARAKAT

Main Article Content

Iin

Abstract

Perencanaan Program Pendidikan di Era Merdeka Belajar di SD I Bantul, Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2021/ 2022, Perencanaan program pendidikan di era merdeka belajar di SD I Bantul sangat penting dipersiapkan, Kepala Sekolah SD I Bantul, selaku manajer menyambut dengan antusias tentang konsep merdeka belajar. Para guru dan pemerhati pendidikan di SD I Bantul berharap agar konsep merdeka belajar yang akan diterapkan oleh pihak sekolah membawa perubahan positif terhadap perkembangan mutu pendidikan di sekolah, karena hal tersebut akan membantu memberikan bekal kepada siswa dengan bentuk ketrampilan yang sangat diperlukan pada abad ke 21 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan  program pendidikan di era Merdeka belajar di SD I Bantul dalam mempersiapkan tahun pembelajaran 2021/ 2022, Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini termasuk  dalam kategori  penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini yang menjadi data primer yaitu, Kepala Sekolah,  Guru dan Peserta Didik di SD I Bantul. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah program Kepala Sekolah SD I Bantul dan dokumen-dokumen, RKT, RKjm, kurikulum  yang berkaitan dengan masalah penelitian. Metode yang digunakan oleh peneliti untuk menguji keabsahan data adalah teknik tringulasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, Perencanaan dalam program merdeka belajar di SD I Bantul dengan cara mengadakan musyawarah dengan berbagai unsur terkait. Perencanaan program pendidikan satu tahun kedepan yang tertuang dalam RKT yang memuat visi, misi, tujuan, strategi pencapaian program pendidikan di era merdeka belajar, dimana visi dan misi sekolah mewujudkan gambaran cita cita dan cara pencapaian sekolah dalam menghadapai program merdeka belajar. Mensukseskan Assesmen National dan membentuk siswa menjadi manusia yang berprofil pelajar pancasila . Perencanaan program pendidikan di era merdeka belajar ini butuh kolaborasi antara sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sehingga tercita hubungan yang sinergis agar bisa merencanaka proram di era merdeka belajar ini.

Article Details

Section
Artikel

References

SerambiNews.com dengan judul Tantangan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, https://aceh.tribunnews.com/2020/10/09/tantangan-pendidikan-karakter-di-masa-pandemi.

Effendy, Muhadjir. 2016. Arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam Pelatihan Pengembangan Kapasitas untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Hotel Santika, Jakarta, 27 September 2016. (transkrip rekaman Kemdikbud).

Fadlillah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages373-384.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i 1.548

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 1(1), 10–15

Kurniawan, Yudha & Hindarsih, Tri Puji. 2013. Character Building: Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Yogyakarta: Pro-U Mediahttps://www.kepoindonesia.id/2019/05/arti-dan-makna-rapat-pleno-secara-umum.html

Kemendikbudtahun2019 https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/reformasi-pendidikan-nasional-melalui-merdeka-belaj

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Suciati, 2020.Pembelajaran Daring di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19,Anom Pustaka Yogyakarta

UU RI. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen