Pengaruh Pemahaman Teori Pemesinan Frais, Fasilitas dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Praktek Siswa SMK Ma'arif Magelang
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh pemahaman teori teknik pemesinan frais terhadap prestasi praktik teknik pemesinan frais 2) mengetahui pengaruh fasilitas kerja dengan prestasi praktik teknik pemesinan frais. 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi praktik teknik pemesinan frais. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas XI SMK Ma'arif Salam Magelang. Siswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian ini sebanyak 50 siswa kelas XI SMK Ma'arif Salam Magelang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik parametrik. Sebelum dilakukan uji hipotesis, maka dilakukan beberapa uji asumsi, yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Kemudian baru di lakukan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini, ada pengaruh pemahaman teori pemesinan frais terhadap prestasi praktik teknik pemesinan frais, ada pengaruh fasilitas kerja terhadap prestasi praktik teknik pemesinan frais dan ada pengaruh motivais belajar terhadap prestasi praktik teknik pemesinan frais.
Kata kunci: pemahaman teori, fasilitas kerja, motivasi kerja, prestasi praktek
Article Details
References
A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo
Ahmad Sudi Pratikno. 2018. Motivasi Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah
Agung Iskandar, Yufridawati. 2013. Pengembangan Pola Kerja Harmonis Dan Sinergis, Antara Guru, Kepala Sekolah,dan Pengawas. Jakarta: PT. Bestari Buana Murni. Edisi Pertama
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksar.
Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Danti Indri Astuti .2016. Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Negeri Yogyakarta, 3(16) (2016).
Djoemadi. (2014). Pengaruh Kemampuan Mahasiswa Dalam Bidang Studi Dasar Terhadap Kemampuan Menyusun Program Komputer CNC Dalam Proses Pemesinan. Laporan Penelitian FPTK UNY Yogyakarta.
Iskandar, Agung. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta : Bestari Buana Murni.
Romelan Cahyadi. 2018. Hubungan Antara Pamahaman Gambar Teknik dan Prestasi Teori Pemesinan Terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa Kelas II Teknik Pemesinan di SMK Piri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Vol. 33, No. 1, Februari 2010, Hal. 107-120.
Yanuar, H. et al. 2014. Pengaruh Variasi Kecepatan Potong dan Kedalaman Pemakanan terhadap Kekasaran Permukaan dengan Berbagai Media Pendingin pada Proses Frais Konvnsional. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Unlam. 03/01: 27-33.