PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS VI

Main Article Content

Tri Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter siswa kelas VI di SD Negeri 2 Limbangan dalam pembelajaran dan diluar pembelajaran. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bersifat kualitatif yang mendeskripsikan setting penelitian, baik situasi maupun informan/ responden.  Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019 di SD Negeri 2 Limbangan. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah instrumen wawancara.  Sumber data diperoleh dari Wakil Kepala Sekolah, Guru Tematik dan Wali Kelas VI, dan Guru PAI, sumber tertulis yang merupakan dokumen sekolah yang relevan dengan penelitian dan foto yang merupakan foto-foto terkait kegiatan-kegiatan penguatan pendidikan karakter di SD Negeri 2 Limbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter siswa kelas VI di SD Negeri 2 Limbangan dalam pembelajaran belum dilaksanakan. Namun guru melakukan penguatan karakter dengan kegiatan pembiasaan dalam pembelajaran. Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter siswa kelas VI di SD Negeri 2 Limbangan di luar pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik.

Article Details

Section
Artikel

References

Asrul, dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Budiyono, dkk. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional Ppkn, 3 (1)

Judiani, S. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, III (16): 281-289.

Kemendikbud, 2018a. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdikbud.

Kemendikbud. 2018b. Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Kemendikbud. 2018c. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Widodo, S.A. 2013.

Kemendikbud. 2018d. Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Kemendikbud. 2019. Model Penilaian Karakter. Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan.

Komara, E. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21 SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education. 4(1): 17-26

Moeloeng, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.

Shoimah, L., dkk. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Jurnal Kajian Tekologi Pendidikan, 1 (2): 169-175.

Suharsaputra, U. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan, Bandung: PT Refika Aditama.

Thomas Lickona, Mendidik untuk Membentuk Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), 51

Wardhani, N. W. & Margi W. 2017. Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter Untirta Civic Education Journal, 2 (1): 49-60