UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangan pendidikan karakter di SD Negeri 1 Sawangan dan diharapkan dapat memberi masukan dalam upaya meningkatkan upaya pengembangan pendidikan karakter sesuai dengan visi dan misi sekolah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi pustaka. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter bentuk dukungan kepala sekolah meliputi pemodelan (modeling), pengajaran (teaching) dan penguatan karakter (reinforcing). Bentuk dukungan guru ialah dengan memasukkan nilai karakter dalam proses pembelajaran, serta pembiasaan karakter di kelas. Komponen sekolah di SD Negeri 1 Sawangan belum ada tim pengawal budaya sekolah dan karakter karena sekolah belum mengetahui tentang komponen tersebut, sedangkan peran komponen keluarga dirasakan masih sangat kurang.
Article Details
References
Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan
Praktik.rev.ed. Yogyakarta: UNY Press.
Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan
Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Komara, E. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21 SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education. 4(1): 17-26
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman.(1992). Analisis Data Kualitatif.
Jakarta: UI Press.
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Punaji Setyosari. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.
Jakarta. Prenada Media Group
Shoimah, L., dkk. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Jurnal Kajian Tekologi Pendidikan, 1 (2): 169-175.
Sudarmadi. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Pembentukan Akhlak
Mulia Pendidik dan Peserta Didik melalui Program Sekolah. Proceeding,
Seminar Nasional. Yogyakarta: IKA UNY.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
_______. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya.
Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.