Strategi Guru dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa pada Pembelajaran Daring

Main Article Content

Ratna Sari Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membangun karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif study kasus. Data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh warga SDN Kuripan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Guru SDN Kuripan dalam membangun karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring yaitu melalui kegiatan rutin berdoa di awal dan akhir pembelajaran, mengucap dan menjawab salam, kegiatan spontan mengumpulkan tugas tepat waktu, kegiatan terstruktur ekstrakurikuler pramuka, dan mencantumkan pembelajaran karakter disiplin dalam rencana dan perangkat pembelajaran. Strategi yang dilakukan guru SDN Kuripan dalam pembentukan karakter disiplin siswa sudah baik tetapi dalam pelaksanaannya belum bisa 100%.

Article Details

Section
Artikel

References

Aswat, H., & Setiawan, A. 2020. Pendidikan dan Penguatan Karakter pada Anak (Perkembangan Peserta Didik). Jogjakarta: Nuta Media

Dasar, S., Teluk, D. I., Utara, B., & Lampung, B. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia, 1.

Dr. H. Abdul Manah, M. A. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. In Japanese Journal of Physical Fitness and Sports Medicine (Vol. 17).

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2019). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Norma. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hijrawatil Aswat&Ari Setiawan. (2020). Pendidikan dan Penguatan Karakter pada Anak (Perkembangan Peserta Didik).

Ilham Ali Yafie, Chalimatus Sa’dijah, M. M. (2020). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Islam Darussa’Adah Poncokusumo Malang. 5.

Kemendikbud RI. (2020). SE No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19_.

Ningsih, A. P., & Diplan. (2018). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(02), 12–18.

Nita, C. I. R., Setyawan, D. A., &, & Lestari, W. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Melalui Grup Whatsapp Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Kebonagung Pakisaji Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 447–452. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/542

Nurlaili Wathani. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta’dib : Jurnal Penidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19 ( Juli-(2), 47–77.

Oktanto, S., Wijanarko, A., & Ardiyanto, A. (2020). KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SDN TLOGOSARI KULON 03 SEMARANG /. 3(September), 24–28.

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Hk, A., Jenderal, S. I., Pendidikan, K., Badan, S., & Pendidikan, K. (2020). Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini , Mengingat : 021.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sugiono, (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta: 26..