Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di SD Negeri Kledokan Kalasan Pada Masa Covid

Main Article Content

Stefani fani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan  prestasi akademik siswa di SD Negeri Kledokan Kalasan (2) Dampak masa pandemi bagi Siswa di  SD Negeri Kledokan (3) Dampak masa pandemi bagi Guru di SD Negeri Kledokan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Kledokan  Kalasan,Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi,  wawancara, dan studi dokumen. Nara sumber utama adalah kepala sekolah beserta wakil kepala  sekolah dan para guru. Data yang terkumpul dilakukan analisis data, reduksi data, penyajian data,  dan ditarik kesimpulan. 


Hasil Penelitian adalah (1) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa  di SD Negeri Kledokan sudah sangat baik,dalam hal ini lebih difokuskan pada prestasi siswa dilakukan  agar prestasi siswa tidak mengalami penurunan, berbagai strategi dilakukan oleh Kepala Sekolah serta dibantu oleh wakil kepala sekolah dan para guru dalam mempertahankan mutu pendidikan (2) Dampak masa  pandemi bagi Siswa di SD Negeri Kledokan adalah kurangnya komunikasi atau interaksi dengan  guru sangat terbatas (3) Dampak masa pandemi bagi Guru di SD Negeri Kledokan adalah guru  harus lebih kreatif dan aktif mengelolah pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh  para siswa.


 

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Stefani fani, University of Sarjanawiayata Tamansiswa Yogyakarta

English Language Department

References

Mulyasa.2003.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Purnomo Setiawan Hari & Zulkieflimansyah. Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, t.th

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.