Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di SD Negeri Kledokan Kalasan Pada Masa Covid
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Negeri Kledokan Kalasan (2) Dampak masa pandemi bagi Siswa di SD Negeri Kledokan (3) Dampak masa pandemi bagi Guru di SD Negeri Kledokan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Kledokan Kalasan,Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Nara sumber utama adalah kepala sekolah beserta wakil kepala sekolah dan para guru. Data yang terkumpul dilakukan analisis data, reduksi data, penyajian data, dan ditarik kesimpulan.
Hasil Penelitian adalah (1) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Negeri Kledokan sudah sangat baik,dalam hal ini lebih difokuskan pada prestasi siswa dilakukan agar prestasi siswa tidak mengalami penurunan, berbagai strategi dilakukan oleh Kepala Sekolah serta dibantu oleh wakil kepala sekolah dan para guru dalam mempertahankan mutu pendidikan (2) Dampak masa pandemi bagi Siswa di SD Negeri Kledokan adalah kurangnya komunikasi atau interaksi dengan guru sangat terbatas (3) Dampak masa pandemi bagi Guru di SD Negeri Kledokan adalah guru harus lebih kreatif dan aktif mengelolah pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa.
Article Details
References
Mulyasa.2003.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Purnomo Setiawan Hari & Zulkieflimansyah. Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, t.th
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.