Implementasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Inklusi Jogja Green School
Main Article Content
Abstract
Pendididkan merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa indonesia sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. Pada pendidikan Indonesia dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 5 ayat 2 menyatakan bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan atau sosail berhak memperoleh pendidikan khusus. Salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan pendidikan inklusi adalah sekolah alam Jogja Green School. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implemntasi Pendidikan karakter di Jogja Green School. Pendidikan inklusi di Jogja Green School bukanlah sekedar penggabungan ruang belajar bagi anak nonberkebutuhan khusus (normal) dengan anak yang berkebutuhan khusus. Pendidikan karakter sangat diperlukan utamanya bagi siswa yang bersekolah di sekolah inklusif untuk mendidik karakter mereka menjadi siswa yang siap dengan heterogenitas lingkungan sekolahnya. Adapun hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah lembaga pendidikan jogja green school memiliki kebijakan tersendiri dalam rangka menerapkan pendidikan karakter pada peserta didiknya.
Kata kunci: sekolah inklusi, pendidikan karakter.
Article Details
References
Anggraeni Alimin. (2018). Model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA negeri 1 Masamba. Jurnal Chemica, 19(1), 96–106. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6654
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2017). Ensiklopedia Pendidikan & Psikologi. Yogyakarta: ANDI
David J Smith. 2018. SekolahInklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: NUANSA.
David J Smith. 2012. SekolahInklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: NUANSA.
Ezza Oktavia Utami dkk. 2018. “ Aksesibilitas Penyandang Tunadaksa”. dalam Jurnal Penelitian dan PPM. No.1. Vol.5
Ika Leli Irawati dkk. 2019. “ Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus”. dalam Jurnal Studi Sosial. Vol. 4. No. 1.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Jati Rinakri Atmaja. 2018. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Lebih Memahami Konsep dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
Moh. Yamin. 2017. Sekolah yang Membebaskan : Perspektif Teori dan Praktik Membangun Pendidikan yang Berkarakter dan Harmonis. Malang: Madani.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sasadra Wahyu Lukitasari dkk. 2017. “ Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi”, dalam Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 2. No. 4.
Yusri Desriani dkk. 2019. “ Burden of Parents in Childern With Disability At Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi”. dalam Nurseline Journal. Vol. 4. No 1.