Berpikir Divergen Sebagai Prediktor Kinerja Guru
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengkaji berapa besar pengaruh berpikir divergen terhadap kinerja guru. Desain penelitian ini menggunakan desain paradigma sederhana yang terdiri atas satu variabel independen yaitu kemampuan berpikir divergen dan satu variabel dependen yaitu kinerja guru. Desain ini digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen sebagai prediktor terhadap variabel dependen sebagai kriterium. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data serta pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan berpikir divergen terhadap kinerja guru di Kota Magelang. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kemampuan berpikir divergen guru maka akan semakin tinggi pula kinerjanya.
Kata kunci: berpikir divergen, kinerja guru
Article Details
References
Daftar Pustaka
Aksari, F.L. 2017. Kecenderungan Berpikir Divergen dengan Strategi Problem Focus Coping pada Karyawan. Skripsi Tidak Dipublikasikan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Diperoleh 1 Mei 2021 dari http://eprints.umm.ac.id.
Aziz, K. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Interpersonal dalam Keterampilan Menulis. Yogyakarta: Intishar Publishing.
Dewi, T.R. 2019. Peran Kepemimpinan Kepala Madarasah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, vol. IX, no. 1, hlm 99-108.
Faizah, U. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended. Skripsi. Tidak dipublikasikan.. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan PMIPA Prodi Pendidikan Matematika diperoleh 1 Mei 2021, dari http://digilib.uinsby.ac.id.
Gujarati, D. 2006. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi Ketiga. Terj. Julius E. Mulyadi. Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan 1992).
Hartini. 2021. Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, vol. 12, no. 1, hlm. 52-65.
Ismail, L.I. 2017. Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yang Memengaruhinya. Jurnal Idaarah, Vol. 1, No. 1, Hlm. 133–142.
Kagema, J. 2018. An Analysis of Teacher Performance Appraisals and Their Influence on Teacher Performance in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Education, vol. 11, no. 1, hlm. 93-98.
Kasim, M.I. 2020. Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Pengajaran Terhadap Kinerja Guru SD Inpres Samata Kabupaten Gowa. Economic Bosowa Journal, Vol. VI, No. 1, hlm. 200 -2012.
Kasmianti. 2020. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Berpikir Matematik terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 5 Palopo. Tesis. Tidak dipublikasikan. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo diperoleh 21 Agustus 2021 dari http://repository.iainpalopo.ac.id.
Kwon, O.N. 2006. Cultivating Divergent Thinking in Mathematics through an Open-Ended Approach. Asia Pacific Education Research Institute, Vol. 7, No. 1, hlm. 51-61.
Lalupanda, E.M. 2019. Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 7, no. 1, hlm. 63.
Mahmud, R.S. 2020. Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Education Journal, Volume 2, Nomor 1, Hlm. 1-9.
Mailool, J. 2020. The Effects of Principal’s Decision-making, Organizational Commitment and School Climate on Teacher Performance in Vocational High School Based on Teacher Perceptions. European Journal of Educational Research, vol. 9, no. 4, hlm. 1675-1687.
McCrae, R.R. 1987. Creativity, Divergent Thinking, and Openness to Experience. Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 52, No. 6, hlm. 1258 - 1265.
Nasra, M.A. 2019. Leadership style and teacher performance: mediating role of occupational perception. International Journal of Educational Management, vol. 33, no. 1, hlm. 1-17.
Nurjannah. 2018. Kemampuan Berpikir Divergen, Adversity Quotient, Sikap Terhadap Matematika, Persepsi Tentang Cara Mengajar Guru, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Vidya Karya, vol. 33, no. 2, hlm. 168-180.
Prasetyono. 2020. Peningkatan Kinerja Guru SMK melalui Lingkungan Kerja dengan Mengoptimalkan Efektifitas Kepemimpinan dan Komitmen Tugas. Jurnal Manajemen dan Supervise Pendidikan, vol. 4, no. 3, hlm. 255-266.
Phytanza, D.T.P. 2020. The Effects of Tenure, Teacher Certification, and Work Motivation on Special Needs Teacher Performance. Universal Journal of Educational Research, vol. 8, no. 9, hlm. 4348-4356.
Ratnaningsih. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, hlm. 438 – 443.
Riduwan & Kuncoro, E.A. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
Runco, M.A. 2012 Divergent Thinking as an Indicator of Creative Potential. Creativity Research Journal, Vol. 24, No. 1, hlm. 66–75.
Santiari, L.P. 2020. Konstribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, vol. 11, no. 1, hlm.01–10.
Setiawan, R. 2017 Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNHP)-VII Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pgri Semarang Semarang, 26 Oktober 2017.
Sumiyati. 2007. Hubungan Kreativitas dengan Kinerja Guru Kimia Sekolah Menengah Atas di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 13, No. 065, hlm. 182 – 205.
Supriyono, A. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 18, No. 2, hlm. 1-12.
Tarhan, H. 2019. Understanding Teacher Evaluation in Finland: A Professional Development Framework Understanding Teacher Evaluation in Finland: A Professional Development Framework. Australian Journal of Teacher Education, vol. 44, no. 4, hlm. 33–50.
Vani, E.P. 2020. Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja guru SMP di Kecamatan X dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Analisi, Predeksi dan Informasi(Jurnal EKBIS), vol. 21, no. 1, hlm. 53-68.
Winata, D. S. 2020. Pengaruh Kompetensi, Disiplin, dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru di Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar ( SD ) Negeri 050627 Purwobinangun Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat. Manajemen Bisnis Jurnal Magister Manajemen, vol.2, no. 2.
Wirahayu, Y.A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, Vol 23, No. 1, hlm. 30-40.