Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di Sd Sokowaten Baru Bantul Yogyakarta IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan berbagai strategi yang dilakukan sekolah dalam mengimplemtasikan pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SD Sokowaten Baru Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di SD Sokowaten Baru Bantul Yogyakarta, dengan subjek guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur sekolah merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam proses internalisasi nilai karakter di sekolah. Beberapa strategi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kultur seperti adanya kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemodelan, pengajaran, dan penguatan lingkungan sekolah. Dalam upaya mengimplemantasikan pendidikan karakter tidak terlepas dari keteladanan kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa yang saling bersinergi dalam menciptakan kultur sekolah yang positif.
Article Details
References
Agus Wibowo., & Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi & Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin Tahir. 2014, Kebijakan Publik dan Transportasi Penyelenggaraan. Bandung : Alvabeta.
Deddy Mulyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: IN MEDIA.
Darmiyati Zuchdi. 2008. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasan, S. H., et al. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Ki Hajar Dewantara. 2011. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
Moleong, L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Solichin Abdul Wahab. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparlan Suhartono. 2009. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Arruz media.
Taufik., & Isril. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Badan Permusyawaratan Desa. Jurnal Kebijakan Publik, Volume 4, Nomer 2.
Widodo Budiharto. 2014. Teori dan Implementasinya. Yogyakarta : Penerbit Andi.