PENGUATAN PEMBELAJARAN GERAKAN LITERASI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ISLAMIC CENTER BIN BAZ PIYUNGAN BANTUL

Main Article Content

SULASTRI

Abstract

Literasi sesungguhnya merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Melalui literasi seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan yang ada dalam pikirannya. Dalam dunia modern milenial saat ini, literasi semakin kompleks dan tidak terbatas pada kemampuan seseorang membaca, menulis, dan berhitung. Akan t etapi, literasi mencakup hal yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi pada Madrasah Aliyah Swasta Islamic Center Bin Baz (MAS ICBB) Piyungan Bantul. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, setidaknya diperoleh beberapa temuan penelitian. Pertama, bahwa gerakan pembiasaan membaca sebelum mata pelajaran di mulai sudah dilakukan. Selain itu, fasilitas yang mendukung pembiasaan literasi juga tersedia seperti lemari pojok baca, fasilitas gazebo baca, mading dan lain-lain. Kedua, kegiatan pengembangan literasi yang dilakukan di MAS ICBB adalah adanya penghargaan terhadap pencapaian peserta didik dalam kegiatan literasi secara berkala. Ketiga, pada tahap pembelajaran, kegiatan literasi pada dasarnya juga sudah dilakukan meskipun belum semua mata pelajaran melakukan. Gerakan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran lebih menonjol pada mapel bahasa Indonesia. Keempat, gerakan literasi di MAS ICBB didukung dengan fasilitas perpustakaan dan juga mendapat dukungan dari koleksi Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantul.


 

Article Details

Section
Artikel

References

Akbar, Aulia. 2017. Membudidayakan Literasi dengan Program 6 M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3 No 1 2017.

Antasari, Indah Wijaya. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal Libria Vol 9 No. 1 (2017).

Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Kebudayaan

Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: Kanisius.

Endraswara, Suwardi. 2017. Literasi Sastra Teori, Model dan Terapan. Yogyakarta: Morfalingua.

Forguson, L., Gopnik, A. (1988). The ontogeny of common sense. In Astington, J. W., Harris, P. L., Olson, D. R. (Eds.), Developing theories of mind (pp. 226–243). New York: Cambridge University Press

GWells, 1987. The Meaning Makers: Children Learning Language and Using Language to Learn. London: Hodder and Stoughton.

Hanninen, Nancy. 2013. Global Media and Information Literacy (MIL) Assessment Framework: Country Readiness and Competencies. Paris, France: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco).

Hasbullah. 2015. Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Junaedi, Mahfud dan Khaeruddin. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Semarang: Madrasah Development Center bekerjasama dengan Pilar Media.

Mashuri. Ilham. 2012. Implementasi Literasi Informasi di Sekolah. Jurnal Pustakaloka, Vol 4 No 1 (2012).

Muslim, Abu. 2015. Membaca Eksistensi ‘Pusat Literasi’ Dari Pelosok Negeri: Ironi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah Konawe Selatan. Jurnal Penamas Vol 28 No 1 (2015).

Mustolehudin. 2011. Tradisi Baca Tulis dalam Islam: kajian terhadap Teks Alquran Surah Al ‘Alaq ayat 1 – 5. Jurnal Analisa Volume XVII No.01 Januari-Juni 2011.

Oktaviani, Ika, Zuliana, Eka, dan Ratnasari, Yuni. 2017. Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peter Salim dan Yenni Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ke-3 (Jakarta: Modern English Press, 2002), 114

Rahmawati, Laila. 2016. Sosialisasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Kuala Kapuas: Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Program Sekolah Rujukan SMAN 2 Kuala Kapuas.

Shihab, Muhammad Quraish, 1993. Membumikan Al-Qur’ān: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan

Shorihatul Inayah. 2017. Mengeksplorasi konsep kimia melalui karya fiksi dan budaya literasi.Tuban: Majalah Solid.

Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.

Suminto. 2017. Meretas potret pendidikan di Tuban bumi Wali (dalam perspektif sosial budaya masyarakat). Tuban: Majalah Solid.

Sutrianto dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wiedarti, Pangesti.dkk. (2016). Desain Induk Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta:Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.