PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SECARA DARING DI SMK NEGERI 1 GOMBONG TAHUN 2021

Main Article Content

Sumartoyo Sumartoyo

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Secara Daring Di SMK Negeri 1 Gombong Tahun 2021.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran secara daring di SMK Negeri 1 Gombong Tahun 2021. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh melalui observasi, digunakan untuk mengetahui sosial budaya dan saran prasarana yang mendukung kegiatan jum’at amal, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran secara daring dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Subjek penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Gombong Kebumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan análisis deskriptif. Cek keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Gombong merupakan bentuk integritas dari kurikulum sekolah, yang diaplikasikan dalam perangkat pembelajaran serta kegiatan pembelajaran secara daring

Article Details

Section
Artikel

References

Tatar Bonar Silitonga ( 2020 ) Tantangan globalisasi, peran negara, dan implikasinya terhadap aktualisasi nilai-nilai ideologi negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol. 17 No.1 Tahun 2020 15 - 28 DOI. 10.21831/jc.v17i1.29271 Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan, Bogor, Indonesia