Manajemen Pendidikan Karater dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menegah Kejuruan
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Kajian utama penelitian ini adalah manajemen pendidikan karakter siswa di sekolah menegah kejuruan, dengan rincian masalah adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Godean Sleman. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa: pertama, perencanaan telah dilaksanakan dengan sebaik mungkin dimulai dari visi dan misi SMK, perumusan tujuan, penyusunan strategi, penetapan kebijaksanaan, pemetaan prosedur, dan penyempurnaan program; kedua, pelaksanaan berjalan dengan baik melalui kegiatan pengorganisasian, penyusunan rencana pembelajaran dan tindakan berfokus pada nilai-nilai karakter siswa; ketiga, evaluasi manajemen pendidikan karakter siswa melalui kegiatan mengawasi pelaksanaan kegiatan, melakukan refleksi, analisis dan tindak lanjut; serta keempat peningkatan mutu pendidikan.
Kata kunci: manajemen, karakter siswa, mutu pendidikan
Article Details
References
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratnasari. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri Kedungsari 4 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. (Tesis)
Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.