PELAKSANAAN PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR OLEH PENGAWAS DI GUGUS III BAMBANGLIPURO

Main Article Content

nisa akmalarini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pelaksanaan pembinaan kompetensi profesional guru Sekolah Dasar,(2)hambatan dalam pembinaan kompetensi professional guru Sekolah Dasar,(3)upaya mengatasi hambatan dalam pembinaan kompetensi professional guru Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pengawas, kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pelaksanaan pembinaan kompetensi profesional oleh pengawas dilakukan dengan melalui pendekatan individ dan kelompok. Pendekatan individu meliputi kegiatan diskusi intensif dan supervisi, sedangkan pendekatan secara kelompok meliputi Kelompok Kerja Guru (KKG), workshop,pelatihan.(2) hambatan pelaksanaan pembinaan yang dilakukan oleh pengawas adalah kurangnya intensitas kunjungan ke sekolah karena minimnya jumlah pengawas, kurangnya variasi metode dalam pembinaan, kurangnya kegiatan pengembangan kompetensi guru selain KKG. (3) Upaya mengatasi hambatan dalam pembinaan adalah pengawas bersama kepala Unit Pelayanan Teknis mengusulkan penambahan jumlah pengawas, Pengawas melakukan pengembangan diri berkaitan dengan inovasi, pengawas dan kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru yang aktif.

 Kata kunci: pelaksanaan pembinaan, kompetensi profesional, guru SD

Article Details

Section
Artikel