Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) Di “Hidayatus Sibyan” Nusawungu Cilacap

Main Article Content

Puput Nurul Istikomah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan; (1) perencanaan pembelajaran PAUD di “Hidayatus Sibyan†Nusawungu Cilacap, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaiani pembelajarannya. Jenis penelitian ini merupakan penenlitian kualitatif. Penenlitian di laksanakan di PAUD “Hidayatus Sibyan†Nusawungu Cilacap. Subyek utama dalam penenlitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Tekknik pengumpulan data dalam penenlitian ini yaitu mennggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, reduksi data, tampilan data dan menarik kesimpulan. Validitas data dalam penenlitian menggunakan teknik validitas internal dan trianggulasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) Silabus pembelajaran PAUD “Hidayatus Sibyan†Nusawungu Cilacap dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan dan perencanaan harian. Perencanaan itu dilakukan dengan memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat dan karakteristik anak didik, dan aspek-aspek perkembangan meliputi nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif,bahasa dan sosial-emosional, dan fisk motorik. (2) Pelaksanaan pembelajaran di PAUD “Hidayatus Sibyan†Nusawungu Cilacap dimulai dengan (a) happy morning, (b) kegiatan pembiasaan, (c) transisi, (d) pijakan lingkungan, (e) pijakan sebelum main, (f) pijakan selama main, (g) pijakan setelah main, (h) pengenalan salat, dan (i) penutup. Di PAUD “Hidayatus Sibyan†Nusawungu Cilacap menggunakan metode pembelajaran dengan bermain bersama Beyond Center dan Pendekatan Circle Time (BCCT). (3) Evaluasi pembelajaran di PAUD “Hidayatus Sibyan†Nusawungu Cilacap dilakukan dengan observasi setiap saat tidak selama KBM berlangsung sampai selesai pembelajaran melalui pengamatan, pencatatan anekdot, dan portofolio

 

Kata kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian Pembelajaran

Article Details

Section
Artikel