PENERAPAN MEDIA KEARSIPAN DIGITAL PADA PEMBELAJARAN KEARSIPAN KELAS X DALAM RANGKA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK TAMTAMA KARANGANYAR.
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan media pembelajaran kearsipan digital dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK. Subyek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Tamtama dengan jumlah 36 orang dan guru kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran . Dalam penelitian ini menggunakan penelitan deskriptif kualitatif . Jenis penelitian yang akan coba saya bahas dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan salah satu dari jenis penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam suatu masyarakat, pertentangan antara dua keadaan atau lebih, hubungan antar variable yang timbul, perbedaan antar fakta yang ada serta pengaruhnya terhadap suatu kondisi, dan sebagainya. Media arsip digital adalah data (arsip) yang dapat disimpan dan ditransmisikan dalam bentuk terputus-putus atau dalam bentuk kode-kode binner yang dapat dibuka, dibuat, dan dihapus dengan alat komputasi yang dapat membaca atau mengolah data dalam bentuk biner sehingga arsip dapat digunakan.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan media kearsipan digital pada mata pelajaran kearsipan di SMK Tamtama memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK Tamtama Karanganyar
Kata kunci: media pembelajaran, arsip digital,kompetensi