MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI TEKNIK INDIVIDU DAN PENDEKATAN LANGSUNG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

Main Article Content

Fatur Rochman

Abstract

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran meliputi persiapan pembelajaran, perlaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik individu supervisi akademik terhadap pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui pengaruh pendekatan langsung supervisi akademik  terhadap pelaksanaan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan supervisi akademik disusun pada awal tahun ajaran baru dengan melibatkan wakil kepala sekolah, dan guru-guru. Sasaran dalam perencanaan supervisi akademik kepala sekolah adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan terlebih dahulu mengkomunikasikan kepada guru-guru, dilakukan sebanyak satu kali dalam satu semester, atau dua kali dalam satu tahun ajaran. Teknik supervisi akademik yang digunakan yaitu teknik secara individu atau pengamatan setiap guru dengan kunjungan kelas, pendekatan supervise yang dilakukan melalui pendekatan langsung  kepada semua guru . Hambatan-hambatan adanya kegiatan-kegiatan eksternal yang sifatnya mendadak, sehingga jadwal supervisi yang sudah disusun sebelumnya juga terganggu. Guru yang disupervisi merasa masih ada rasa ewuh pekewuh terhadap kunjunagn kelas

Article Details

Section
Artikel