Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi kurikulum Cambridge dalam pembelajaran bahasa inggris di SD. 2) mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi kurikulum Cambridge. 3) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Cambridge dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pelaksanaan penelitian di SD Kristen Kalam Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan implementasi kurikulum Cambridge diantaranya mengikuti seminar dan workshop, dokumen kurikulum, dan sarana prasarana. 2) pelaksanaan implementasi kurikulum Cambridge dilakukan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru. 3) evaluasi implementasi kurikulum Cambridge dilakukan melalui evaluasi internal dan evaluasi peserta didik. Adapun kendala telah diatasi dengan berbagai upaya sehingga kurikulum Cambridge dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Kristen Kalam Kudus telah diimplementasikan dengan baik.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Cambridge, Pembelajaran bahasa Inggris