MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA SALURAN VIDEO YOUTUBE DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYTAN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukan peran manajemen pembelajaran dalam penggunaan video YouTube guna meningkatkan keterampilan berbicara siswa dari siswa kelas sepuluh di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta tahun akademik 2018/2019 sebagai salah satu inovasi pembelajaran dikelas. Subjek penelitian ini adalah enam belas siswa dari siswa kelas sepuluh di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat belas siswa melampaui kriteria kelulusan minimal 75 poin kepercayaan diri dan aspek tata bahasa serta keterampilan berbicara, tiga belas siswa lulus aspek kohesi dalam keterampilan berbicara, dua belas siswa lulus dalam pemilihan kosa kata, dan sepuluh siswa lulus aspek koherensi di dalam keterampilan berbicara setelah menonton video prosedural melalui saluran YouTube.
Â
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Saluran YouTube, Teks Prosedural