Peran Guru dalam Manajemen Kelas Efektif terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 3 di SDN Siraman II

Main Article Content

ismiyatun marfuah1

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Peran guru dalam manajemen kelas efektif terhadap minat belajar siswa kelas 3 di SDN Siraman II, 2) Kendala guru dalam manajemen kelas efektif terhadap minat belajar siswa kelas 3, 3) Solusi untuk mengatasi kendala dalam manajemen kelas efektif terhadap minat belajar siswa kelas 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 dan siswa kelas 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam mengelola kelas terhadap minat belajar siswa kelas 3 yaitu: a) Mengorganisasi kelas, dan b) Mengawasi siswa, dan c) Minat belajar siswa meningkat. 2) Kendala guru dalam manajemen kelas efektif  terhadap minat belajar siswa kelas 3 yaitu: a) siswa yang mudah bosan saat pembelajaran, b) ada siswa yang mudah terpengaruh temannya sehingga saat pembelajaran berlangsung membuat keributan, c) ada siswa yang tidak mau mengerjakan saat diberikan tugas. 3) Solusi untuk mengatasi kendala guru dalam manajemen kelas efektif  terhadap minat belajar siswa kelas 3 yaitu: a) melakukan pendekatan kepada siswa, b) mengingatkan siswa kepada tata tertib yang sudah dibuat bersama, c) penggunaan media pembelajaran yang menarik

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

ismiyatun marfuah1, SD N WONOSARI 1

GURU SD

References

Daftar Pustaka

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Index

Dheni Purwanti (2015). Manajemen Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gest, S. D., Madill, R. A., Zadzora, K. M., Miller, A. M., & Rodkin, P. C. (2014). Teacher Management of Elementary Classroom Social Dynamics : Associations With Changes in Student Adjustment. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 22(2), 107–118. https://doi.org/10.1177/1063426613512677

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2015. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mursalin, Sulaiman, Nurmasyitah. 2017. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulanga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, 105-114. https://media.neliti.com/media/publications/188865-ID-peran-guru-dalam-pelaksanaan-manajemen-k.pdf. (Diakses tanggal 26 Agustus 2019).

Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib, 10(2) 343. file:///H:/461-925-1-PB%20pengawasan.pdf

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabet.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56-74. https://doi.org/10.22146/jf.12614