Manajemen Praktik Kerja Lapangan Program Keahlian Tata Kecantikan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta

Main Article Content

Tri Endra Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) program keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta; 2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) program keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta; 3) mengetahui solusi untuk mengatasi kendala dalam manajemen PKL program keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data adalah in depth interview (wawancara mendalam). Hasil penelitian adalah: Hasil penelitian:

1) Perencanaan Praktik Kerja Lapangan sudah dilaksanakan dengan baik, meliputi

tahapan sinkronisasi kurikulum, pembuatan peta DU/DI, koordinasi program kerja

PKL, sosialisasi program PKL, dan pembekalan PKL. 2) Pelaksanaan PKL program keahlian tata kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu meliputi: MoU, Persiapan penyerahan siswa PKL, pengorganisasian siswa PKL di lokasi DU/DI, monitoring PKL, penarikan siswa PKL, dan pelaporan PKL. 4) Evaluasi PKL program keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dilakukan dengan melibatkan kepala sekolah, WKS Humas, WKS Kurikulum, Ketua Program Tata Kecantikan, guru pembimbing PKL, dan siswa; 5) Kendala yang dihadapi program keahlian tata kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dalam melaksanakan PKL hampir dikatakan tidak ada kendala.

Kata kunci: manajemen, praktik kerja lapangan, program keahlian tata kecantikan

Article Details

Section
Artikel