penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa kelas x smk negeri jumo temanggung
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk: (1) meningkatkan mutu pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif.(2) mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TKR 3 SMK Negeri Jumo Temanggung dapat meningkat dengan digunakannya metode jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil dari penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar, terlihat pada siklus I 20 siswa yang motivasinya meningkat dengan kategori sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa dengan kategori tinggi. Penerapan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar, yaitu pada pra siklus terdapat 11 siswa yang memenuhi KKM, siklus I meningkat menjadi 14 siswa, pada siklus II pencapaian ketuntasan siswa meningkat menjadi 30 siswa. Jadi, penerapan metode diskusi jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKR 3 di SMK Negeri Jumo Temanggung.