Manajemen Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal dalam Konteks Penguatan Karakter
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan kearifan lokal dalam upaya penguatan karakter di SD Negeri Klaci dan juga faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan kearifan lokal dalam upaya penguatan karakter di SD Negeri Klaci. Penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman untuk menganalisis data yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan kearifan lokal dalam upaya penguatan karakter di SD Negeri Klaci adalah melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan faktor yang mendukung manajemen pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan kearifan lokal dalam upaya penguatan karakter di SD Negeri Klaci adalah kemampuan guru mengelola pembelajaran, kemampuan intelektual guru, kebijakan pemerintah, dan dukungan kepala sekolah. Disamping itu terdapat faktor penghambatnya adalah ketidakmauan guru yang sudah berusia lanjut untuk mengembangkan dirinya.
Article Details
Section
Artikel