Pengaruh Budaya Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Efektif

Main Article Content

Kristiana Sutarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan diantaranya untuk mendiskripsikan budaya sekolah baik fisik maupun non fisik, peran budaya sekolah dalam mengembangkan sekolah efektif  dan program-program yang dilakukan sekolah untuk mendukung sekolah efektif di SD Pius Kota Pekalongan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data menggunakan  wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik sampling yang digunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber data serta analisis data menggunakan menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya fisik dan non fisik mampu mengembangkan sekolah efektif, Program yang mendukung seperti penumbuhan budi pekerti, pendalam iman dan event-event sekolah.

Article Details

Section
Artikel