Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen supervisi kepala sekolah, dan faktor pendukung serta pengahambat dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Klaci. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen supervi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SD Negeri Klaci meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Selain itu, faktor pendukung manajemen supervisi kepala dalam meningkatkan kinerja guru adalah kemampuan manajerial, gaya kepemimpinan situasional dan disiplin. Disamping itu, senioritas guru merupakan faktor penghambat yang menghambat manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SD Negeri Klaci.
Article Details
Section
Artikel