SINERGISITAS GURU DAN ORANG TUA DENGAN KONSEP KI HADJAR DEWANTARA DALAM PENGENALAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI

Main Article Content

Maria Siti

Abstract

SINERGISITAS GURU DAN ORANG TUA
DENGAN KONSEP KI HADJAR DEWANTARA
DALAM PENGENALAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI


ABSTRAK

Pengenalan literasi pada anak usia dini adalah suatu proses aktivitas yang memperkenalkan kemampuan membaca dan menulis pada anak usia dini. Pengenalan literasi awal pada anak usia dini dilakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga anak tidak merasa jenuh, untuk belajar sesuatu hal yang bermakna bagi eksistensinya. Pengenalan literasi kepada anak sejak dini memerlukan sinergisitas antar guru dan orang tua. Maka dalam program literasi, sekolah dalam hal ini adalah guru melibatkan orang tua secara optimal dengan memandang orang tua sebagai mitra kerja dalam mengenalkan literasi kepada anak sejak usia dini. Sehingga program sekolah bisa terlaksana dengan baik, dan mencapai hasil yang maksimal yaitu mampu membentuk generasi penerus bangsa yang mencintai literasi sejak usia dini. Dalam mengenalkan literasi kepada anak guru dan orang tua belajar mendidik anak dari Konsep Pendidikan dengan pola asuh Ki Hajar Dewantara dengan sistem among, yakni Guru dan orang tua harus menjadi teladan yang patut digugu dan ditiru oleh anak, kemudian guru dan orang tua harus menjadi motivator sekaligus inspirator bagi anak, dan guru dan orang tua juga memberi kepercayaan kepada anak dengan membiasakan mereka mengambil keputusan sederhana untuk dirinya.

Kata kunci: Sinergisitas, Literasi, Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantoro
Anak Usia Dini.


ABSTRACT

The introduction of literacy in early childhood is an activity process that introduces the ability to read and write in early childhood. The introduction of early literacy in early childhood is done in a fun way so that children do not feel bored, to learn something meaningful for their existence. The introduction of literacy to children from an early age requires synergy between teachers and parents. So in the literacy program, schools in this case are teachers involving parents optimally by viewing parents as partners in introducing literacy to children from an early age. So that the school program can be implemented well, and achieve maximum results that is able to form the next generation of the nation who loves literacy from an early age. In introducing literacy to children, teachers and parents learn to educate children from the Concept of Education with the upbringing of Ki Hajar Dewantara with the among system, namely teachers and parents must be role models that should be followed by children, teachers and parents must become motivators as well as inspiration for children, and teachers and parents also give confidence to children by getting them to make simple decisions for themselves.

Keywords: Synergy, Literacy, Ki Hajar Dewantoro's Educational Concept
                       Early childhood.

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Maria Siti, "Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa-UST"

Indonesia