Pengelolaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius SDN Pragak Semanu Tahun 2019
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui Pengelolaan Program Pendidikan karakter berbasis religius. Adapun tempat penelitian ini yaitu dilaksanakan di SDN Pragak Semanu. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil narasumber dengan menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaaan penguatan pendidikan karakter religius di SDN Pragak Semanu adalah sebagai berikut:  Perencanaan program PPK SDN Pragak Semanu sudah terkelola dengan baik. Penyelenggaraan program PPK di SDN Pragak Semanu dilakukan melalui 3 jalur, yaitu melalui manajemen kelas yang diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar dan pengelolaan kelas, melalui budaya sekolah Program PPK berbasis masyarakat yang dilakukan dengan mengundang tokoh agama saat perayaan hari besar Islam dilakukan agar siswa mampu memaknai dan mengambil hikmah pada sejarah berkaitan dengan hari besar Islam yang diperingati. Evaluasi peserta didik pada program PPK di SDN Pragak Semanu dilaksanakan sesuai dengan kebijakan penilaian yang ada dalam kurikulum 2013.
Article Details
References
Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arinto, Suharsimi. (1993). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.
Fattah, N. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muslich, Masnur, (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Rachman, Maman, dkk, (2014). Seri Buku Ajar : Padepokan Karakter Religius. Semarang: Unnes Press.
_______. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3734
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/11879