MANAGEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM
Main Article Content
Abstract
MANAGEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA
DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM
Â
Slamet Nur Alim
SMK Muhammadiyah Prambanan
nuralim.oto@gmail.com
Â
                                                                                                          Â
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Muhammadiyah Pakem. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa SMK Muhammadiyah Pakem Sleman. Obyek penelitian ini adalah managemen kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kedisiplinan siswa SMK Muhammadiyah Pakem sebenernya sudah cukup baik namun demikian masih perlu upaya peningkatan karena masih sering terjadi pelanggaran tata tertib sekolah.; (2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa meliputi: penggalakan keteladanan dari kepala sekolah guru dalam kedisiplinan, pemberian motivasi kepada siswa untuk selalu disiplin, diadakan berbagai kegiatan penunjang peningkatan kedisiplinan siswa, penanaman kesadaran berdisiplin dalam diri siswa, menjalin kerjasama dengan kepolisian setempat. (3) Faktor pendukung dan penghambat kedisiplianan siswa: a. Faktor pendukung: kerjasama dengan orang tua/wali siswa, ketegasan dan keteladanan sikap kepala sekolah dan guru dalam menjalankan tata tertib sekolah, adanya peran serta kepala sekolah, guru dan karyawan, wali kelas, BK dan kesiswaan dalam nendisiplinkan siswa. b. Faktor penghambat; adanya beberapa siswa yang belum tau arti pentingnya kedisiplianan, letak sekolah di dekat pasar dan sekolah lain yang kurang disiplin sehingga kurang kondusif dan berpengaruh terhadap karakter siswa[NA1]Â .
Â
Kata Kunci: managemen kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan siswa
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
THE MANAGEMENT OF PRINCIPALS LEADERSHIP AS AN EFFORT TO IMPROVE STUDENTS 'DISCIPLINE
IN SMK MUHAMMADIYAH PAKEM
Â
Slamet Nur Alim
SMK Muhammadiyah Prambanan
nuralim.oto@gmail.com
Â
Abstract: The purpose of this study is to explain the efforts made by school principals to improve students dicipline of SMK Muhammadiyah Pakem. This principals research is quantitative research. The subjects of this study were the principal and students of SMK Muhammadiyah Pakem, Sleman. The object of this research is the management of principals leadership and students discipline. Techniques of data collection in this study used interviews, observation, and documentation. Techniques data of analysis used qualitative descriptive analysis includes data collection, data reduction, data display and conclusions. The results showed: (1) Discipline of students of SMK Muhammadiyah Pakem was actually good nevertheless it still needed improvement efforts because there were still frequent violations of school rules; (2) Efforts made by principals to improve students discipline include: promoting of principals and teacher is model in discipline, giving motivation to students in order to be disciplined, making activities to support students discipline, increasing of awareness of students dicipline, collaborating with local police. (3) Factors supporting and inhibiting student discipline: a. Supporting factors: collaboration with parents, assertiveness and exemplary attitudes of principals and teachers in carrying out school rules, the participation of principals, teachers, school counselors and students in disciplining students. b. Obstacle factor; there are some students who do not know the importance of discipline, the location of the school near the market and other schools that lack discipline so that it is less conducive and influences the character of students.
Â
Keywords: leadership management of school principals, student discipline
 [NA1]
Article Details
References
Apriliani fitri., 2015. Upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA PP Dr M. Narsir batu bagiriak kecamatan lendah Gumanti kabupaten solok. Jurnal penelitian manajemen pendidikan (JPMP), 2015
Dolet Unaradjan, 2008. Manajemen disiplin. Jakarta: PT. Grasindo.
Lantip, D.P., & Sudiyono. (2015). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Gava media.
Fakhri syahfrizal, 2016. Peran kepala sekolah dalam pengembangan manajemen sekolah sebagai upayamenungkatkan mutu pendidikan di sd plus Islam excelent Bukittinggi. Jurnal manajemen, kependidikan dan supervisi pendidikan (JMKSP), Volume 1 Nomor 2, Juli _ Desember 2016
Suharsimi Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Senang., & Maslachah. (2018). Kepemimpinan dan supervise pendidikan Islam. Malang: Madani.
Rusmayati, 2016. Pemahaman manajemen berbasis sekolah dan upaya penigkatan mutu pendidikan. Jurnal penelitian manajemen pendidikan (JPMP), Volume 1 Nomor 2, 2016
Tim FKIP UMS, 2010. Manajemen prndidikann. Surakarta: Muhammadiyah Universitas Press.
.
Tri yuliani, 2016. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membina kompetensi sosial (pelayanan prima) tenaga administrasi sekolah. Jurnal manajemen, kependidikan dan supervisi pendidikan (JMKSP), Volume 1 Nomor 1, Juli _ Desember 2016