MANAJEMEN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri Rongkop Gunungkidul. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi.Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran dilakukan oleh guru-guru dengan mempersiapkan sejumlah kebutuhan peserta didik dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni secara menyeluruh dan berkesinambungan; (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran dilakukan dengan merumuskan tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan, menetapkan standar kompetensi, merumuskan kompetensi dasar, menentukan materi ajar dalam bentuk tema dan sub tema, strategi belajar mengajar, media pembelajaran,metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, tehnik evaluasi, alokasi waktu, dan sumber belajar; dan (3) Penilaian manajemen pembelajaran dilakukan melalui kegiatan evaluasi terhadap penguasaan materi pembelajaran pada setiap akhir pertemuan yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan wawasan siswa terhadap materi yang sudah disampaikan, selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran.
Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, kurikulum, dan Prestasi Belajar
Â
Article Details
References
Allimudin.2014. “ Penilaian dalam Kurikulum 2013â€. Jurnal Prosiding Seminar Nasioanal Vol 1 No. 1
Hamalik, O., 2011. Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E., 2011. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutia, Cut dkk.2016. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besarâ€..Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1.
Slamet dkk. 2017. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SMP Islam Semarangâ€. Jurnal educational management.
Suarjo.2016.†Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teknik Berpikir , Berpasangan, berbagi pada Mata Pelajaran PKNdi Kelas IV SDâ€.Jurnal PGSD