MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDJAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI METODE IMAGERY TRAINING

Main Article Content

Supriyanta Supriyanta

Abstract

Abstrak:

Mental imagery merupakan kemampuan seseorang untuk membangun suatu gambar gerak atau ketrampilan di dalam mental atau dalam pikiran. Peneliti ingin mengetahui pengaruh latihan mental imagery terhadap kemampuan siswa dalam penguasaan teknik dasar  pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 karangmojo tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 190 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan latihan mental imagery berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam penguasaan teknik-tehnik  dasar materi pembelajaran. Dari hasil wawancara dan observasi siswa merasa lebih senang dan lebih mudah dalam menguasai tehnik-tehnik. Dari hasil studi dokumentasi pembelajaran penjas setelah mengunakan metode imagery training ada peningkatan siswa yang memperoleh nilai KKM sebesar 5,78%. 

Kata kunci: Manajemen pembelajaran, Metode, imagery training

 

Abstract:

 

AbstractMental imagery is the ability of a person to build a motion picture or skill in the mental or in the mind. Researchers want to know the effect of mental imagery training on students ability in mastering basic techniques in physical education  and .sport education.  The research is a qualitative research. The population in this study were student of class IX of SMP 2 Karangmojo in the academic year  2019/2020 with total of 190 students, into 6 class. Sampling using interview, observasi, and study dokumentasi methods. From this study it can be concluded that the use of mental imagery exercise significanly influeces the ability of student in mastering the basic techniques of learning material. From the result of interviews and observations student feel happier and easier to master the techniques. From the results of the physical education the imagery training methods there was an increase in students who the KKM value of 5,78%

 

Keywords: Learning management, methods, imagery training

Article Details

Section
Artikel

References

Ari Setiatmoko. (2013). Latihan Mental Bagi Atlet elit. Bandung: Artikel.

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta. _____________. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mardhika, R & Dimyati. Pengaruh latihan mental dan keyakinan diri terhadap keberhasilan tendangan pinalty pemain sepakbola.jurnal keolahragaan. 3(1), 106-116

Komarudin. (2015). Psikologi Olahraga edisi revisi: Latihan Keterampilan Mental dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Richardson, A. (1969). Mental Imagery, Philosophical Issues About. In L. Nadel (Ed.), Encyclopedia of Cognitive. http://www.imageryimagination.com/mipia.htm (diakses pada tanggal 16 Oktober 2012).

Sujana. 2011.Desain dan Eksperimen.Bandung:Tarsito

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, 2010

eJournal Psikologi, 2013, 1 (1): 23-37 ISSN 0000-0000, ejournal.psikologi.fisip-unmul.org

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive 727

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2787/5239

jurnal fkip unila.ac.id>indeks>php>jpp.artikel nov 2017

Jurnal uny.ac.id/jurnal pendidikan 6 (1), 87-99, 2018.

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/27938/75676578110

JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi) 6 (1), 1-9, 2010. 1, 2010

Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta; Kencana Prenadamedia Group.