PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Tugina Tugina
Tugina Tugina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan  media audio visual dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Kelas V SDN Mentel II Tanjungsari Gunungkidul. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah 17 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informannya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian meliputi, penentuan sumber, pengumpulan data, analisis data, perbaikan, dan pelaporan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian yang  menunjukkan bahwa tingkat pengaruh pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran  terhadap  motivasi belajar siswa  dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Mentel II tergolong dalam kategori baik,  yang dapat ditinjau dari indikator pengaruh pemanfaatan  media audio visual dalam pembelajaran  dapat menggairahkan siswa, memberikan harapan realistis, memberikan insentif, dan mengarahkan perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Article Details

Section
Artikel