Manajemen Kepala Sekolah dalam Implementasi Kegiatan Pembiasaan untuk Menguatkan Pendidikan Karakter SMP

Main Article Content

Agnes Natalia Endry Krisnawardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi kegiatan Pembiasaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMP ditinjau dari : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) peran warga sekolah, (4) faktor pendukung dan penghambat dan (5) solusi dalam program pembiasaan di sekolah untuk meningkatkan mutu dan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus di Satuan Pendidikan tingkat pertama atau SMP. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan data serta pengujian data. Hasil penelitian ini (1) perencanaan dimulai dari visi, misi, tujuan sekolah, kemudian dituangkan dalam program sekolah. Semua perencanaan kegiatan baik harian maupun tahunan dilakukan melalui rapat kerja sebelum awal tahun ajaran baru dimulai. (2) pelaksanaan dilaksanakan melalui 3 kegiatan yaitu: intrakurikuler yang terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar, kokurikulerdan ekstrakurikuler, (3) peran warga sekolah sebagai pemimpim dan pengelola, pengawas, pembina dan pelaksana, (4) faktor pendukung dan penghambat ada pada peserta didik, guru, fasilitas sekolah, pembiayaan serta keterlibatan pihak luar dalam hal ini komite dan orang tua, (5) dan solusi ditemukan dalam rapat-rapat evaluasi bersama yang dipimpin oleh kepala sekolah.
Kata kunci: manajemen, pendidikan karakter, pembiasaan, mutu sekolah

Article Details

Section
Artikel