MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA

Main Article Content

Yesiana Freningsi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunagrahita. Data penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika pada  Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1)  Guru matapelajaran sudah memhami karakteristik siswa Tunagrahita dan tidak ada perbedaan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) tetapi memperhatikan karakter siswa (2) dalam pelaksanaan pembelajaran guru mengkondisikan siswa reguler dan tunagrahita dengan menggunakan media, metode, dan model pembelajaran yang sama. (3) kegiatan evaluasia dilakukan sesudah satu materi selesai dan dilanjutkan dengan tes tertulis antara siswa reguler dan tunagrahita dan guru matapelajaran menyesuaikan karakter dan kemampuan siswa tunagrahita.

KATA KUNCI :  manajemen pembelajaran, matemaika, Anak  Tunagrahita

Article Details

Section
Artikel