Peningkatan Kompetensi Literasi Bagi Peserta Didik Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter

Main Article Content

Bina Widyawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi literasi bagi peserta didik yang berbasis penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Wonosari Baru. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan prinsip-prinsip penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru, karyawan, komite sekolah, orang tua murid, serta murid untuk memenuhi data yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kompetensi literasi bagi peserta didik di SDN Wonosari Baru berbasis penguatan pendidikan karakter berjalan dengan baik. Peningkatan Kompetensi Literasi bagi peserta didik dilaksanakan melalui pengembangan literasi melalui Penguatan Pendidikan karakter berbasis kelas. Pengembangan Literasi melalui Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas dilakukan melalui Pengembangan metode Pembelajaran, pengelolaan kelas yang meliputi pengelolaan peserta didik dan pengelolaan fisik kelas yang kaya teks. Litarasi akan berkembang dengan baik apabila guru dan peserta didik mengenal jenis-jenis literasi dan berbagai macam teks. Dimensi literasi ini perlu diintegrasikan secara utuh dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menantang pemikiran kritis dan kreatif dari guru dan peserta didik.

Kata kunci: Kompetensi, Literasi, Pendidikan karakter

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Bina Widyawati, SDN Wonosari 1

Guru kelas