MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui manajemen teaching factory ditinjau dari: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi; (2) mengetahui peningkatan kompetensi berwirausaha siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Teaching Factory. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif yang teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) manajemen teaching factory di SMK Negeri 4 Yogyakarta ditinjau dari (a) perencanaan sudah dilakukan dengan baik seperti pengadministrasian waktu, alat-alat dan bahan pratikum pada workshop; (b) pengorganisasian teaching factory yang tersusun dengan baik mulai dari ketua kompetensi keahlian, ketua bengkel, guru mata pelajaran, dan toolman; (c) pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik; (d) pengawasan dilakukan terpadu oleh seluruh komponen sekolah. (2) Kompetensi berwirausaha siswa mengalami peningkatan setelah melaksanakan pembelajaran Teaching Factory. (3) hasil dari penerapan manajemen pembelajaran teaching factory memberikan bekal kepada siswa untuk berwirausaha maupun untuk terjun di industri dengan mendapatkan kepercayaan dari DUDI, dan outputnya terserap dengan baik oleh dunia industri.
Kata kunci: manajemen, teaching factory, wirausaha