Penerapan Ajaran Tri-Nga Untuk Meningkatkan Karakter Pada PAUD

Main Article Content

Ribka Nasita Putri

Abstract

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan telah menjadi citra tersendiri bagi sejarah pendidikan di Indonesia. Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara menampilkan kekhasan kultural Indonesia. Salah satu pemikiran metode pengajaran Ki Hadjar adalah Tri Nga ( ngerti, ngrasa, dan nglakoni ). Penelitian ini bertujuan untuk mendriskripsikan penerapan metode pengajaran tersebut yang berguna untuk meningkatkan karakter pada PAUD. Mengenali karakter anak didik yang kita asuh merupakan aspek penting dari  kualitas sumber daya manusia, karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan beberapa murid yang dilakukan dengan observasi. Sumber data yang lain adalah dokumen-dokumen atau petunjuk kegiatan yang mendukung terwujudnya peningkatan pendidikan karakter anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data melalui redusi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan ajaran Tri Nga dapat meningkatkan pendidikan karakter anak PAUD.

Article Details

Section
Artikel