Peran Kepeminpinan Kepala Sekolah dalam Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan literasi sekolah yang diwujudkan melalui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam program literasi agar siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) lebih dari sekedar membaca dan menulis namun mencakup keretampilan berpikir sesuai dengan tahapan dan komponen literasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam GLS sangat strategis antara lain dalam : a) pembentukan tim literasi, b) pengembangan perpustakaan sekolah, c) penyediaan buku-buku (fiksi, nonfiksi, pelajaran, referensi), d) pengembangan sudut baca atau area baca, e) kampanye GLS (melalui papan pengumuman, poster), f) pengembangan program 15 menit membaca, g) pengembangan program kegiatan sekolah bertema literasi.
Kata kunci: Budi pekerti, GLS, kepemimpinan kepala sekolah