Meningkatkan Motivasi Belajar siswa melalu model pembelajaran picture and picture

Main Article Content

Nur Driarkoro

Abstract

ABSTRAK :     Prestasi atau achievement seseorang dapat tercapai apabila didukung oleh motivasi yang besar. Untuk meningkatkan  motivasi belajar, sikap belajar, kemampuan berpikir kritis, memiliki keterampilan sosial, dan pencapaian hasil belajar yang lebih optimal perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat.          Beberapa permasalahan berkaitan dengan motivasi belajar, sikap belajar, kemampuan berpikir kritis, memiliki keterampilan sosial, dan pencapaian hasil belajar perlu dilakukan kajian lebih mendalam melalui serangkaian penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini merupakan populasi dari kelas  VIIIA SMP Negeri 16  Purworejo tahun pelajaran 2014-2015.  Analisis data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas data dilakukan dengan uji triangulasi metode, waktu dan dan sumber. Analisis data dilakukan dengan mengolah data kuantitatif hasil sebaran angket yang dikuaalitatifkan dalam beberapa kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada peningkatan motivasi peserta didik sebesar 9% dari prosentase rata-rata 77% pada siklus 1, naik menjadi rata-rata 86% pada siklus 2. Ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dimana  sebelum menerapkan model pembelajaran picture and picture prosentase ketuntasan  belajar peserta didik sebesar 13,79% dan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture meningkat menjadi 58,62% pada siklus 1 dan  meningkat menjadi  86,20% pada siklus 2.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Motivasi, Hasil Belajar

Article Details

Section
Artikel