SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMP
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan: 1) Kompetensi guru sebelum dilaksanakan supervisi akademik, 2) Perencanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, 3) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, 4) Evaluasi supervisi akademik oleh kepala sekolah, 5) Tanggapan guru terhadap supervisi akademik oleh kepala sekolah. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, gabungan/ triangulasi. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu membandingkan observasi dengan dokumen dan hasil wawancara. Hasil penelitian adalah : 1) Penyusunan program supervisi disadari oleh tim supervisi adalah sangat penting berdasarkan pertimbangan perlunya orientasi kepada seluruh guru SMPN 14 Purworejo dalam bentuk latihan khusus guru dalam perbaikan PBM di kelas, meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dan pengembangan SDM, 2) Kepala Sekolah dibantu guru dan tim supervisi sekolah telah mampu melaksanakan program sekolah. Pelaksanaan supervisi didasarkan atas usulan dan kebutuhan guru untuk meningkatkan kompetensi serta pelaksanaan supervisi disesuaikan dengan kebutuhan guru bidang studi dan kondisi sekolah sendiri, 3) Tim supervisi mempunyai moral tangggung jawab dalam pelaksanaan Supervisi sampai dengan evaluasi supervisi dan pemantauan di lapangan sehingga akan mengetahui kelemahan dan kekurangan Guru, setelah itu diadakan supervisi tidak lanjut, 4) Pengaruh supervisi bagi guru di SMPN 14 Purworejo dapat merubah paradigma terhadap arti dari supervisi di sekolah sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam tugasnya sebagai tenaga pengajar sehingga proses PBM dapat tercapai tujuannya.
Â
Kata kunci: Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru