Manajemen media digital sebagai inovasi media pembelajaran di sekolah

Main Article Content

Bestian Lombu

Abstract

Absatrak: Manajemen media digital sebagai inovasi media pembelajaran di Sekolah , yang harus dikuasai oleh guru diera digital atau era revolusi industri 4.0. hal ini dianggap penting untuk membantu guru atau siswa dalam mengembangkan inovasi media pembelajaran dikelas yang efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana penggunaan media digital dalam proses pembelajaran di Sekolah Kristen Kalam kudus Yogyakarta kelas VII-A. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen media digital dalam proses pembelajaran di kelas di sekolah Kristen kalam kudus Yogyakarta sudah berjalan dengan baik dengan menggunakan media elektronik berupa gadget, laptop, LCD serta akses internet sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dikelas.Penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar sangat berpengaruh dalam meningkat hasil belajar siswa dan kualitas mengajar guru. Namun adupun kendala yang dihadapi perlunya adanya kontrol baik dari guru mau orangtua siswa dalam mengunakan gadget maupun laptop, agar siswa betul-betul memanfaatkan media tersebut lebih positif sesuai kebutuhan dengan materi yang diajarkan oleh guru.

Kata kunci: Manajemen, Media, Inovasi.

 

Absatract: Digital media management as a learning media innovation in the classroom, which must be mastered by digital diera teachers or the industrial revolution era 4.0. this is considered important to assist teachers or students in developing innovative learning media in an effective and efficient classroom. The purpose of this study was to determine the extent of the use of digital media in the learning process at the Kalam Kudus Christian School in Yogyakarta class VII-A. The approach used in this research is qualitative with qualitative descriptive research methods. The subjects of this study were the principal and teachers. Data collection techniques in this study are using observation, documentation, and interviews. The results showed that digital media management in the learning process in classrooms at the Yogyakarta holy school in Yogyakarta has been going well by using electronic media such as gadgets, laptops, LCDs and internet access as learning media in teaching and learning in class. The use of digital media in the learning process teaching is very influential in increasing student learning outcomes and the quality of teaching teachers. But as for the obstacles faced by the need for good control from the teacher wants parents to use gadgets and laptops, so that students really use the media more positively according to the needs taught by the teacher.

Keywords: Management, Media, Innovation.

Article Details

Section
Artikel