Manajemen Pembelajaran Guru dengan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Jatinom Klaten
Main Article Content
Abstract
                                            Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dengan kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Jatinom Klaten. Subjek dalam penelitianini adalah kepala sekolah dan guru. Metode penelitian bersifat deskriptif analitis dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) kegiatan perencanaan pembelajaran dilakukan dengan penyusunan silabus, RPP dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar siswa di sekolah. (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan  penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 (K13) dan memperhatikan pengelolaan kelas dengan baik. (3) penilaian atau evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik dan meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang disertai dengan rubrik penilaian. Guru kelas melibatkan guru BK dan Guru Pendidikan Agama dalam memberikan penilaian sikap. Namun, penilaian belum dapat dilakukan setiap hari karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dan fokus guru kepada pengelolaan siswa di kelas.
Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran Guru, Kurikulum 2013